Industry Report

Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia 2019

Persaingan dalam meningkatkan minat beli konsumen memang tidak hanya terjadi di industri seperti perbankan, retail atau telekomunikai saja. Nyatanya persaingan di industri otomotif juga semakin ketat bahkan semakin banyak terjadi perang harga khususnya di pasar kendaraan roda empat dan juga pemberian diskon demi untuk menarik konsumen. Bahkan, untuk menarik konsumen lebih banyak lagi produsen otomotif khususnya kendaraan roda empat mulai mempercepat pembaharuan model dengan jangka waktu yang relatif singkat, lihat saja bagaimana Astra Grup di tahun 2018 ini meluncurkan 18 model baru (all new) dan 7 model revamped untuk menarik konsumen dengan beragam pilihan. 

Secara umum, pelaku industri bidang apapun akan berpendapat kondisi saat ini masih belum lepas dari melemahnya daya beli masyarakat. Akan tetapi, dalam satu tahun terakhir penjualan mobil tetap mengalami kenaikan dari 1,07 juta unit pada tahun 2017 menjadi 1,15 juta unit pada 2018 dengan brand principal Jepang yang masih menguasai pangsa pasar otomotif terbesar. Namun hal ini tidak menyurutkan minat berbagai principal otomotif negara lain seperti Eropa, China, Amerika Serikat, dan Korea Selatan untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan berbagai merek dan model kendaraan baru.

Pemerintah juga tidak mau ketinggalan untuk ikut berperan di industri otomotif. Pada tahun 2019 ini, pemerintah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan industri otomotif dengan menerbitkan Peraturan Presiden mengenai mobil listrik. Dengan adanya peraturan ini diharapkan industri otomotif Indonesia dapat melangkah maju ke arah teknologi yang lebih ramah lingkungan dengan diversifikasi produk berdasarkan bahan bakar, seperti kebijakan mandatory Biodiesel B20 yang akan terus ditingkatkan

Pertumbuhan industri otomotif tidak hanya disumbang oleh kendaraan roda empat saja, sepeda motor masih tetap menjadi primadona untuk transportasi pilihan masyarakat Indonesia. Melihat peluang ini, maka tidak heran pabrikan sepeda motor terus melakukan pengembangan jenis produk terutama pada jenis sepeda motor automatic (skutik) yang memiliki pangsa pasar sebesar 84,6% dari penjualan seluruh sepeda motor di Indonesia, sisanya diikuti dengan jenis cub sebesar 7,9% dan sport sebesar 7,5%.

Dari segi penjualan sepeda motor di Indonesia, dominasi masih dipegang oleh 2 pemain utama yaitu Honda dan Yamaha. Sebagai gambaran, pangsa pasar Honda mencapai 74,6 % dari total penjualan sepeda motor di Indonesia yang mencapai 6,38 juta unit. Yamaha sendiri memiliki pangsa pasar sebesar 22,8%, sedangkan sisa pangsa pasar sebesar 2,6% diperebutkan oleh Kawasaki, Suzuki dan TVS.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kondisi industri otomotif di Indonesia, dapat rekan-rekan lihat pada laporan industri yang sudah dilanggan oleh PQM.

Odoo image and text block

Profil Industri : Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia

Segmen kendaraan MPV 4X2 memiliki jumlah produksi terbesar diantara jenis kendaraan lainnya, dengan Toyota menjadi produsen terbesar untuk jenis kendaraan ini. Sedangkan dari segi ekspor, sepanjang 2007-2018, ekspor mobil CBU berfluktuasi dari 60.367 unit di 2007 hingga mencapai 264.553 unit di 2018. Untuk impor, berdasarkan data dari Gaikindo maka dapat diketahui impor mobil terus mengalami penurunan dari tahun 2014-2016. Lebih lengkapnya mengenai perkembangan industri otomotif di Indonesia dapat dilihat pada pembahasan “Profil Industri”

Perkembangan Industri Sepeda Motor (Motorcycle)

Melalui laporan industri ini, rekan-rekan dapat mengetahui perkembangan produksi dari para produsen industri kendaraan bermotor roda dua. Kabarnya, Yamaha Indonesia sebagai salah satu produsen yang aktif melaksanakan transfer teknologi dari Yamaha Jepang, rencananya akan menyiapkan line produksi yang mampu memproduksi engine hingga 20.000 unit per tahun. Suzuki, meskipun memiliki pangsa pasar yang tidak sebesar Honda dan Yamaha namun saat ini Suzuki juga memiliki fasilitas pabrik modern yang terletak di Jakarta dan Bekasi. Lalu, bagaimana dengan kondisi produsen seperti Honda, Kawasaki, TVS Motor Indonesia dan lainnya? Dapat rekan-rekan baca pada pembahasan perkembangan industri sepeda motor di Indonesia.

Odoo text and image block
Odoo image and text block

Direktori Perusahaan

Informasi direktori perusahaan diharapkan dapat membantu rekan-rekan dalam mendapatkan informasi berupa profil singkat dari perusahaan yang bergerak di industri otomotif yang ada di Indonesia.

Silahkan akses ke dalam Google Drive

Untuk mendapatkan laporan industri