Internal / Non-Chargable WBS Code

Guide for Timesheet & BOP for Consultants & Managers

Dear Consultants & Managers

Di tahun 2019, kita telah mempermudah pencatatan Timesheet & BOP untuk kegiatan internal atau non-chargable.  Dari pelajaran tahun pertama pelaksanaan Timesheet, kategori kode untuk WBS Internal diperjelas dan diringkas. 

WBS Code adalah...

Work Breakdown Structure (WBS) adalah metoda pengelompokan kegiatan yang didesain untuk memudahkan tim dalam mengelola kegiatan dalam berbagai proyek. 

WBS Code dibagi menjadi dua kelompok inti, Chargable dan Non-Chargable/Internal. Proyek Chargable adalah proyek yang berhubungan dengan klien dan setiap kode Chargable dibuat untuk setiap kontrak ditandatangan.  WBS Code Internal atau Non-Chargable dibuat untuk kegiatan internal dan kegiatan tidak berhubungan langsung dengan klien. Kegiatan internal dibagi menjadi 4 pillar sesuai dengan penggunaan dalam penilaian performa, Business Contribution (BC), Organizational Contribution (OC), Individual Growth (IG) dan Innovation/Improvement Contribution (IC).  


WBS Code ditentukan untuk setiap kegiatan yang dicatat dalam Timesheet. Setiap kegiatan harus mempunyai kode kegiatan. Setiap masukan BOP juga harus disertai dengan WBS Code. 


Setiap Konsultan dan Manager harus dapat memasukan kode kegiatannya dengan akurat sesuai dengan kategori kegiatan yang dilakukan. Pencatatan yang akurat akan memudahkan perusahaan untuk 1.) memahami distribusi beban kerja individu dan karyawan khususnya Konsultan, 2.) mengapresiasi kontribusi karyawan diluar kegiatan Chargable (proyek klien). 

Untuk itu, mohon dapat mereview Non-Chargable WBS Codes sebelum mengisi Timesheet dan BOP. Link WBS Code ini dapat diakses melalui Menu utama myPQM (www.my.pqm.co.id). 




Beberapa kode yang perlu diperhatikan: 

  • Setiap kegiatan yang berhubungan dengan OKR SME atau Department, masukan kode OKR masing-masing. Kode untuk OKR dikategorikan sebagai Business Contribution

  • Untuk para Konsultan yang membantu proses sertifikasi ISO 9001:2015 PQM, mohon menggunakan kode Chargable dimulai dengan CO (Consulting). 

  • WBS Code yang dibuat untuk kegiatan Mentoring. Mohon perhatian untuk penggunaan kedua kode ini. Kode IG1901014 (Mentoring for Mentee), adalah untuk kegiatan Mentoring sebagai Mentee. OC1903049 (Mentoring untuk Mentor) adalah untuk kegiatan Mentoring sebagai Mentor. 

  • Kegiatan-kegiatan untuk Komite Rekrutmen dicatat dengan kode OC1810004, RECRUITMENT.
    Kegiatan-kegiatan untuk Komite Workplace Improvement dicatat dengan kode IC1904062, WORKPLACE IMPROVEMENT

  • Kegiatan-kegiatan untuk Komite Kaizen dicatat denga kode, IC1931001, KAIZEN