CHANGE MANAGEMENT
Tentang Program
“The only thing that is constant is change”
Perubahan dalam organisasi terjadi dalam berbagai bentuk, perubahan sistem, struktur organisasi, proses kerja dan peran. Dengan perkembangan bisnis yang pesat, perubahan tidak lagi dapat dihindari. Oleh sebab itu, setiap perusahaan harus mempunyai keterampilan dan teknik yang sistematis dalam merencanakan, merumuskan dan melaksanakan proses perubahan agar dapat meningkatkan kinerja organisasi namun meminimalkan gangguan dan perlawanan dari karyawan.
Program perubahan yang tidak dikelola dengan baik, berdampak bukan hanya pada tidak tercapainya sasaran-sasaran perubahan, namun berdampak buruk terhadap semangat kerja dan kepercayaan kepada pihak manajemen. Bahkan tidak jarang, perusahaan kehilangan orang-orang terbaik akibat frustrasi yang dirasakan mereka atas kegagalan proses perubahan.
Melalui program pelatihan “Change Management” ini, para manajer dan pimpinan akan dibekali pengetahuan dan juga keterampilan mengelola perubahan (change management) dari berbagai aspek dari persiapan sponsor dan organisasi, perencanaan komunikasi, pengelolaan resistensi dan juga pelatihan, untuk memastikan manfaat perubahan dapat dirasakan secepat mungkin bagi karyawan dan perusahaan.
Apa yang akan anda dapatkan dari program ini?
Memahami tipe-tipe perubahan dalam organisasi dan pentingnya mengelola perubahan dengan sistematis
Memahami model ADKAR (Awareness, Desire, Knowledge, Ability, dan Reinforcement dalam proses perubahan individu-individu dalam organisasi
Mengevaluasi secara sistematis kesiapan organisasi atau tim terhadap perubahan yang sudah ditentukan
Menggunakan evaluasi kesiapan organisasi untuk merumuskan rencana perubahan di dalam organisasi atau departemen
Menyusun dan melaksanakan Communication Plan dan Training Plan untuk menyukseskan proses perubahan
Mengantisipasi dan Mengelola resistensi terhadap perubahan
Memahami pentingnya mendapatkan feedback dan melakukan survei dalam mendapatkan umpan balik terhadap proses perubahan
Agenda
Hari 1
- Tipe-tipe perubahan dan karakteristiknya
- Memahami pentingnya Change Management dalam mengurai dampak negatif dan memaksimalkan 'Returns'
- Peran Manager/Supervisor dalam proses perubahan
- Pemahaman Proses ADKAR
- Memahami faktor-faktor dalam meningkatkan tahap ADKAR
- Memahami aktifitas-aktifitas dalam proses perubahan
- Evaluasi tipe perubahan dan dampak terhadap tim/organisasi
- Menjalankan Readiness Assessment
- Menentujan & Mengidentifikasi Sponsor Perubahan
Hari 2
- Membangun 'Awareness' dengan rencana komunikasi yang efektif
- Memahami perbedaan Training and Coaching serta aplikasinya dalam proses perubahan
- Mengantisipasi dan mengelola masalah dalam perubahan
- Menggunakan ukuran seperti KPI, visualisasi, dan audit
- Strategi 'Rewards' dan
merayakan kesuksesan
Target Peserta
Management, Middle Management, Manager atau pemimpin yang bertanggung jawab terhadap program-program perubahan di dalam perusahaan
Login / Register to comment.