(OFFLINE TRAINING) CERTIFIED LEAN SIX SIGMA GREEN BELT
Banyak organisasi melakukan pendekatan manajemen untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja, namun seringkali hasilnya tidak cukup secara signifikan dirasakan oleh Top Management dalam peningkatan bisnisnya. Konsep Lean Six Sigma terbukti telah menghasilkan banyak kegiatan improvement pada proses kerja dan sumber daya manusia yang berdampak pada keuntungan finansial yang signifikan bagi perusahaan.
Lean adalah suatu pendekatan manajemen untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan value bagi customer. Six Sigma adalah suatu sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas proses dan produk/jasa yang berfokus untuk mengeliminasi defect (cacat produk / kesalahan pada proses). Six Sigma juga dapat mengurangi variasi proses dan hasil kerja dengan menggunakan metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve & Control). Kombinasi dari kedua pendekatan sistem manajemen ini berupa Lean Six Sigma, yang efektif untuk menyelesaikan masalah pemborosan dan meningkatkan kualitas proses kerja secara signifikan yang pada akhirnya dapat menaikkan indeks kepuasan pelanggan.
Melalui workshop ini, Anda akan memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisa dan membuat solusi high impact project improvement dengan metode Lean Six Sigma, serta berkesempatan mendapatkan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt.
SASARAN PROGRAM
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan :
· Memahami konsep dasar Lean Six Sigma, Sasaran dan Manfaat
· Memahami peran Green Belt di perusahaan yang menjalankan Six Sigma
· Memahami metode dan kriteria memilih Project Lean Six Sigma
· Memahami konsep dan metode pemecahan masalah dan improvement dengan Define, Measure, Analyze, Improve & Control (DMAIC) Cycle
· Mampu melakukan analisa masalah dengan Lean Six Sigma statistical tools
· Mampu memimpin dan memfasilitasi Project Lean Six Sigma
GARIS BESAR PROGRAM
Hari 1
· Konsep Lean dan Six sigma
· Lean Six sigma history
· Benefit Lean Six sigma
· Lean six sigma infrastructure
· DMAIC methodology
· Define phase :
1. Identify Project Improvement
2. Define High level process map : SIPOC (Supplier – Input – Process -Output)
3. Measurable customer requirement : CTQ (Critical to Quality)
4. Project Improvement Management
5. Develop Project Charter
Hari 2
· Measure phase:
1. Data Collection Plan
2. MSA (Measurement System Analysis)
3. Graphical Data Analysis
4. Process Performance Measurement Continuous Data: Capability Process dan Capability Index
5. Process Performance Measurement Discrete Data: DPU, DPO, DPMO
6. Sigma Value
Hari 3
· Analyze phase:
1. List of all X’s factor
2. Process value analysis
3. Cause and effects analysis: fishbone diagram
4. Prioritize vital few X’s
5. Root Cause Verification
Hari 4
· Analyze phase (continue):
1. Konsep Hypothesis test
2. Hypothesis test Continuous data (One sample T-test, Two samples T-test, Paired T-test, Anova)
3. Hypothesis test Discrete data (One sample proportion test, Two samples proportion test, Chi Square test)
· Improvement phase:
1. Solution selection
2. Improvement plan
3. Implementation result
Hari 5
· Control phase:
1. Control Chart: Variable Control Chart and Attribute Control Chart
2. Project evaluation and Project benefit
3. Sustain the solution: Standardization & Monitoring
4. Project Closure
METODE PROGRAM
● Interactive Lecture & Discussion
● Study Case
● Q & A
● Interactive Quiz
TARGET PESERTA
Manajer, pimpinan dan staf yang berkepentingan dengan penerapan Sistem Manajemen, Business Process improvement, Manajemen Operasi di manufacturing, mining, service, dan berbagai industri lainnya.
CV CONSULTANT
Ni Made Hindita S.Si., M.M., LSSMBB. - Senior Consultant
Ni Made Hindita adalah seorang Certified Lean Six Sigma Master Black Belt dari IQF USA. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang industri jasa dan manufaktur, baik perusahaan lokal maupun multinasional, Dita secara khusus mendalami Data Analytics, Quality Assurance (Statistical Process Control, Process Capability Analysis, Process Map, FMEA, Defect Classification, R & R Gauge, dan juga dapat melakukan Supplier Qualification Assessment) dan Quality Improvement melalui penerapan Pillar Quality di Manufacturing.
Chaerul Anwar, LSSMBB – Consultant
Chaerul Anwar adalah seorang konsultan di PQM Consultants dan seorang Certified Lean Six Sigma Master Black Belt dari International Quality Federation (USA). Chaerul telah banyak memfasilitasi klien dalam peningkatan kualitas dan produktivitas melalui pendekatan Lean Six Sigma di berbagai industri termasuk perbankan, finansial, kesehatan, mining, oil and gas, manufaktur, dan BUMN.
HAL YANG DIDAPATKAN
● Hard Copy Material
● Certificate
● Souvenir
● Lunch & Coffee Break
Tanggal : 07 – 11 Oktober 2024
Waktu : 08:00 - 16:30 WIB
Tempat : PQM Building, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Investasi training : Rp. 12.000.000*
Investasi Certification by IQF : Rp. 5.000.000*
Investasi Certification by PQM : Rp. 3.000.000*
*Harga belum termasuk PPN 11%.
Login / Register to comment.