(OFFLINE TRAINING) MANAGING EFFECTIVE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) IMPLEMENTATION

Untuk meningkatkan daya saing perusahaan, banyak pendekatan improvement yang diimplementasikan di Perusahaan, salah satunya adalah dengan menerapkan Quality Control Circle (QCC), yaitu aktivitas melibatkan karyawan dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan masalah atau melakukan continuous  improvement di tempat kerjanya

Banyak perusahaan yang sudah menjalankan QCC telah menghasilkan banyak improvement, baik yang sifatnya penghematan finansial, maupun non finansial, namun tidak semua perusahaan mampu menjaga keberlangsungan QCC secara jangka panjang, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman bagaimana membangun budaya mutu di perusahaan

QCC hendaknya tidak sekedar untuk mendapatkan hasil jangka pendek namun baiknya dipandang sebagai suatu bentuk edukasi keterampilan problem solving dan membangun spirit continuous improvement agar setiap karyawan peduli dan mampu menyelesaikan permasalahan di lingkungan kerjanya, dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan daya saing perusahaan.

Untuk itu perlu dibangun supporting system yang mencakup nilai nilai yang perlu ditanamkan di dalam perusahaan, serta infrastruktur bagaimana memanajemeni penerapan QCC secara efektif


SASARAN PROGRAM

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta :

  • Memahami Falsafah Kaizen dan Total Quality Management

  • Memahami QCC sebagai salah satu sistem di dalam TQM

  • Memahami konsep dasar QCC 

  • Memahami Quality Values

  • Memahami bagaimana membentuk Quality Control Circle (QCC) dan menyiapkan infrastruktur yang menunjang kesuksesan QCC 

  • Memahami bagaimana membentuk dan  memanajemeni Team QCC secara efektif

  • Memahami teknik mengelola meeting QCC & Project Documentation

  • Memahami metode pemecahan masalah mutu dan continual improvement 

  • Siap menjadi agen perubahan dalam penerapan QCC



GARIS BESAR PROGRAM

  • Mengapa perlu Improve

  • Overview Konsep Total Quality Management  

  • Konsep dasar QCC : Apa, Mengapa perlu, Manfaat

  • Quality values

  • Building successful QCC Team 

  • Meeting QCC & Project Documentation

  • Infrastruktur untuk Penerapan QCC

  • Overview Proses Pemecahan Masalah- PDCA Cycle & 7QC Tools



METODE PROGRAM

  • Interactive lecture

  • Discussion

  • Study case

  • Q&A

  • Interactive Quiz 


TARGET PESERTA

  • Manager atau Supervisor yang berdedikasi  membangun budaya improvement QCC di unit kerja atau di perusahaan

  • Peserta disyaratkan telah mengikuti Training PDCA & 7 QC Tools

Event start in
Register Now

Schedule

19 Jun 2024 to 20 Jun 2024
08:00 to 16:30

Location

Subscribe to Our Newsletter

Login / Register to comment.