(OFFLINE TRAINING) SHOPFLOOR LEADERSHIP

Tahukah Anda? 80% permasalahan perusahaan ada di tingkatan shopfloor! Shopfloor adalah area dimana barang atau jasa dibuat, dan komunikasi paling banyak dilakukan. Itulah sebabnya tingkat shopfloor dianggap pula sebagai refleksi dari kondisi manajemen. Namun, seringkali banyak permasalahan terjadi di tingkat shopfloor. Antara lain adanya perbedaan generasi antara manajemen dengan karyawan di level ini yang merupakan fresh graduate maupun baru bekerja beberapa tahun. Begitu juga dengan perbedaan kepribadian individu di dalam team, lini waktu proses pekerjaan yang rutin maupun mendadak, serta tuntutan untuk mencapai target dalam waktu dan sumber daya yang terbatas.

Pemimpin tahap shopfloor ini perlu untuk dapat memahami dirinya sendiri dan anggota team, menganalisa dan mengatasi masalah di area kerja, serta berupaya meningkatkan performa team secara umum. Dari penjelasan diatas, seorang shopfloor leader memegang peran penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan khususnya menghasilkan nilai tambah sebesar-besarnya di tempat kerja, memberikan kualitas yang terbaik melalui pelayanan tercepat dan biaya termurah. Seorang Shopfloor Leader memegang peran kunci untuk mewujudkannya.

Pelatihan Effective Shopfloor Leadership akan menambah pengetahuan dan ketrampilan pribadi dan juga cara untuk menerapkan pengetahuan tersebut sehingga mendapatkan kontribusi manfaat yang nyata bagi perbaikan usaha seperti peningkatan kualitas, produktifitas, kapasitas kerja, lingkungan kerja, kerja sama team. Setelah pelatihan ini, diharapkan seorang Shopfloor Leader mampu menterjemahkan kebijakan top Manajemen melalui strategy inisiatif dan aksi nyata sehingga laba perusahaan meningkat.


SASARAN  PELATIHAN

Setelah mengikuti Training Shopfloor Leadership diharapkan peserta dapat

  • Memahami definisi dan cakupan area shopfloor leader

  • Memahami level kepemimpinan

  • Memahami tantangan & peran yang dihadapi shopfloor leader

  • Mampu memahami kelebihan dan kekurangan diri

  • Mampu memahami personality diri dan orang lain

  • Mampu memetakan kemampuan tim member sesuai jobdesk dan rencana pengembangannya

  • Mampu memberikan delegasi dengan jelas dan dapat diterima dengan baik oleh tim member

  • Mampu menerapkan langkah-langkah active listening

  • Mampu memberikan feedback secara objektif dan terbuka dan meningkatkan performa tim member

  • Mampu mengatasi permasalahan komunikasi akibat perbedaan generasi

  • Memahami Leader Standard Work sebagai standard pekerjaan leader dan tools reminder pekerjaan

  • Membuat Leader Standard work secara detail; Durasi pekerjaan,Keterangan pekerjaan Harian, Mingguan dan Bulanan serta issue yang muncul/ perlu di follow up

  • Memahami konsep dasar time management

  • Memahami waktu berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kegentingan

  • Memahami konsep DMS

  • Memahami fungsi dan manfaat DMS

  • Memahami kunci sukses pelaksanaan DMS

  • Mengetahui cara dan tahapan sistematis dalam problem solving

  • Mampu mengidentifikasi pemborosan

  • Mampu melakukan analisa dari masalah yang ditemui


METODE PELATIHAN

Pelatihan dan konsultansi ini akan dibawakan dengan metode :

1.Pemaparan materi

2.Diskusi interaktif

3.Simulasi

4.Studi kasus


AGENDA


AGENDA HARI KE. 1

  • KONSEP DASAR SHOPFLOOR LEADERSHIP

  • MANAGING PEOPLE – Memahami diri sendiri & orang lain

  • MANAGING PEOPLE – Mengembangkan orang lain

  • MANAGING PEOPLE – Komunikasi efektif


AGENDA HARI KE. 2

  • MANAGING TASK – Pengaturan pekerjaan

  • MANAGING TASK – Pelaporan efektif

  • MANAGING TASK – Penguasaan area kerja

  • MANAGING IMPROVEMENT 


TARGET PESERTA

Group Leader, Foreman, Shift Leader

Event start in
Register Now

Schedule

28 Aug 2024 to 29 Aug 2024
08:00 to 16:30

Download

Location

Subscribe to Our Newsletter

Login / Register to comment.